Senin, 16 Maret 2020

Pra Seasion Hybrid Learning Geografi

Apa kabar Peserta didik Kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 hari ini ?, Semoga senantiasa tetap sehat dan bersemangat. Kali ini kita akan mempelajari materi tentang “Bencana Alam” yang di dalamnya  membahas pengertian bencana, jenis-jenis  bencana, manajemen bencana dan mitigasi bencana alam.

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki tingkat kerawanan terhadap bencana alam  yang tinggi. Pemahaman mengenai kebencanaan akan sangat bermanfaat bagi Peserta didik untuk merumuskan usaha-usaha yang tepat dalam rangka mengurangi resiko bencana alam yang kemungkinan terjadi di lingkungan sekitar.

Peserta didik semuanya, Setelah mempelajari materi, silahkan  mengamati dan mengidentifikasi jenis bencana alam yang kemungkian menjadi ancaman bagi wilayah tempat tinggal kalian. Selanjutnya, untuk mengurangi resiko bencana alam yang menjadi ancaman tersebut, rumuskan bentuk mitigasi yang tepat untuk dilakukan !

Tujuan Pembelajaran
1.  Peserta didik memiliki kemampuan memanfaatkan  IT untuk menggali informasi tentang bencana alam.
2.  Peserta didik mempunyai pengetahuan tentang bencana alam yang meliputi pengertian bencana, jenis bencana, manajemen bencana dan mitigasi bencana alam.
3.  Peserta didik mampu menganalisis pengaruh kondisi fisik terhadap  jenis-jenis bencana alam yang kemungkinan menjadi ancaman di sekitar tempat tinggalnya.
4.  Peserta didik mampu merumuskan bentuk mitigasi terhadap ancaman bencana alam yang ada di sekitar tempat tinggalnya.

Relevansi

Materi yang dikembangkan merupakan bahan ajar untuk menunjang penguatan kemampuan pemahaman materi bagi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Polokarto  pada mata pelajaran Geografi. Materi yang ada berisi tentang pengertian, resiko bencana, jenis bencana, manajemen dan mitigasi bencana alam.

Manfaat
Pembelajaran dalam “hybrid learning” bermanfaat untuk menguatkan kompetensi pedagogik peserta didik sekaligus meningkatkan kompetensi sosial utamanya sikap peduli dan peka terhadap kerentanan bencana di daerah sekitar tempat tinggal mereka.

Capaian Pembelajaran
Dalam substansi keilmuan, setiap peserta didik wajib menguasai pengetahuan Geografi utamanya materi Kebencanaan Alam.

Cara Belajar Menggunakan Hybrid Learning
1.     Bukalah webblog http://aditgeoholic.blogspot.com
2.     Pilihlah modul materi “Bencana Alam” yang akan Peserta didik pelajari secara mandiri
3.     Bacalah semua instruksi belajar secara teliti dan urut
4.     Bacalah modul ini sebaik – baiknya dengan cermat
5.     Untuk memperkaya penguasaan materi, sebaiknya Peserta didik mengkaji materi yang relevan dari sumber - sumber yang lain.
6.     Cermati media yang disajikan dalam setiap penggalan materi dalam modul
7.     Setelah membaca materi dalam modul, dan mengamati media pembelajaran secara cermat kerjakan Tugas Mandiri Secara Individu.
8.     Kerjakan Tugas Implikasi Materi dalam modul ini.
9.     Sebagai Penutup Akhir Modul ini, Kerjakan Tugas Akhir Portofolio.
10.  Kirim hasil pekerjaan via Email ke : aditwuryantoro@gmail.com, dengan format, jika :
·  Tugas Mandiri Secara Individu, nama file : TMSI_namasiswa_kelas
·  Tugas Implikasi Materi, nama file : TIM_namasiswa_kelas
·  Tugas Akhir Portofolio, nama file : TAP_namasiswa_kelas
Bila ada bagian yang sulit anda pelajari, ulangi membaca atau tanyakan pada guru anda via Email atau nomor Whatsapp.

KETAHANAN PANGAN DAN PEMBANGUNAN PEDESAAN DI INDONESIA

Tantangan pangan Indonesia kedepan: • Semakin berkurangnya lahan pertanian akibat konversi yang mengancam   keberlanjutan produksi dan kuali...